23 Desember 2002 : Timnas Indonesia Catatkan Kemenangan Terbesarnya



Pada 23 Desember 2002 tim nasional Indonesia berhasil kembali mencatatkan rekor kemenangan terbesarnya.

Setelah mampu menang 12 gol tanpa balas kontra Filipina pada 1972, Indonesia sukses menang 13-1 dengan lawan yang sama saat berlaga di fase grup A Piala AFF 2002. Skor tersebut juga tercatat sebagi yang terbesar sepanjang sejarah Piala AFF.

INI MOMEN PENTING KARENA...

Laga tersebut adalah partai terakhir di fase grup. Kala itu Filipina sudah dipastikan tersingkir, sementara Indonesia harus meraih kemenangan untuk lolos ke babak semifinal.

Penyerang andalan timnas Indonesia kala itu Bambang Pamungkas sukses mencetak gol saat laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, itu baru memasuki menit pertama.

Bepe, yang kala itu baru berusia 22 tahun,  bersama Zaenal Arif menjadi bintang di laga tersebut setelah masih-masing sukses mencetak empat gol.

Di babak pertama hat-trick Bepe dan Zaenal Arif serta satu gol dari Budi Sudarsono membuat Indonesia sudah berhasil unggul 7-0.

Pesta gol kembali berlanjut di babak kedua lewat satu gol dari Bambang dan Zaenal Arif, serta dua gol Sugiantoro dan satu gol dari Imran Nahumarury.

Filipina berhasil mencetak gol balasan melalu penyerang mereka Ali Go pada menit ke-78, namun Indonesia kembali menambah keunggulan lewat gol bunuh diri Solomon Licuanan sepuluh menit kemudian. Skor 13-1 bertahan hingga laga berakhir dan itu tercatat sebagai kemenangan terbesar Indonesia sejauh ini.

HAL LAIN YANG PERLU DIKETAHUI

Piala AFF 2002 spesial bagi timnas Indonesia, karena untuk pertama kalinya mereka menjadi tuan rumah. Turnamen yang kala itu bernama Piala Tiger tersebut juga digelar di Singapura sebagai tuan rumah bersama dengan Indonesia.

Di babak semi-final Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia. Bepe kembali menjadi bintang setelah mampu mencetak gol tunggal yang membuat skuat Garuda bisa melaju ke final.

Pada partai final yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Indonesia berhadapan dengan Thailand. Laga berjalan sengit, skor 2-2 bertahan hingga waktu normal dan babak perpanjangan waktu berakhir.

Tuan rumah kemudian harus rela menjadi runner-up setelah kalah dalam babak adu penalti dengan skor 4-2. Thailand pun sukses meraih gelar juara Piala AFF ketiganya.
Pada turnamen tersebut Bepe berhasil menjadi top scorer lewat delapan gol yang sukses ia catatkan.







0 Response to "23 Desember 2002 : Timnas Indonesia Catatkan Kemenangan Terbesarnya"

Posting Komentar