Nangis Yuk! Ini 3 Keajaiban Air Mata Untuk Kesehatan


Air mata adalah teman paling setia yang menemani saat manusia sedih. Bukan hanya baik secara psikologis, air mata juga memiliki dampak positif secara medis.

Fakta unik air mata sayangnya masih banyak diacuhkan. Nyatanya, banyak orang memilih untuk menahan tangisan saat mereka sedih. Agar tak lagi segan menangguhkan emosi, kamu harus tahu 3 kejaiban air mata:

1. Melembabkan bola mata

Pernah merasa perih di bagian bola mata, kemudian tiba-tiba menangis? Jangan khawatir, pada saat itulah air mata sedang mengerjakan tugasnya. Air mata ini diproduksi lacrimal gland (kelenjar air mata) yang berfungsi menjaga permukaan bola mata.

Air mata yang keluar untuk ‘membersihkan’ dan menyegarkan bola mata disebut air mata basal. Normalnya manusia memproduksi sampai 10 ons air mata basal secara sadar dan tak sadar.

2. Pelindung dari luar dan dalam

Tahukah kamu jika air mata juga memiliki fungsi detoksikasi? Air mata membantu tubuh menginisiasi zat iritan yang berbahaya. Detox merupakan usaha tubuh secara alami mengeluarkan zat-zat racun dari dalam.

Ketika bola mata terancam, air mata juga keluar secara refleks untuk melindungi masuknya zat-zat berbahaya. Air mata dengan fungsi refleksial diproduksi saraf sensorik kornea yang juga memicu produksi hormon pereda iritasi. Keren!

3. Anti stress

Air mata yang berfungsi meredakan stress disebut air mata emosi. Nah, kemunculan air mata ini dipicu celebrum, saraf otak pengatur emosi. Air mata emosi bukan hanya merelaksasi dari dalam, namun juga mengundang simpati antar personal.

Air mata mampu meningkatkan mood saat stress. Pasalnya air mata emosi memicu produksi hormon bahagia. Dilansir dari Health Me Up wanita bisa menangis selama enam menit, namun laki-laki hanya sampai dua sampai empat menit.

Mengeluarkan air mata ternyata kesempatan untuk menyehatkan tubuh. Jadi jangan ditahan, tapi hargailah tiap tetesnya!

Sumber : babe.news

0 Response to "Nangis Yuk! Ini 3 Keajaiban Air Mata Untuk Kesehatan"

Posting Komentar